Bagaimana Komposer Chrono Trigger Yasunori Mitsuda Mulai Bekerja di Lautan Bintang

Yasunori Mitsuda telah mengerjakan lusinan game sejak pertengahan 90-an, tetapi dia terkenal karena karyanya di Chrono Trigger. Kisah tentang bagaimana dia mulai mengerjakan game ini ternyata sangat mudah. “[Sea of Stars creative director Thierry Boulanger] seperti, ‘Kami memiliki kontak yang berhubungan dengan semua orang ini. Dan dia hanya mengulurkan tangan, dan [Mitsuda] menyukai apa yang dilihatnya. Jadi dia seperti, ‘Ya, saya ingin, saya ingin menjadi bagian dari ini’, ”kata komposer utama Sea of ​​Stars Eric W. Brown. “Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan ini. Seperti, itu… kami benar-benar mendapatkan pria itu. Mitsuda berkomitmen untuk membuat sekitar 10 trek untuk game tersebut, dan prosesnya lancar.

“Kami hanya akan mengatakan, ‘Ini barang yang kami cari,’ dan dia dan saya duduk, dan kami berdiskusi bahwa kami pasti menginginkan tema kota darinya, kami pasti menginginkan tema pertempuran, tema bos – kami telah melalui semua hal yang pasti ingin kami dapatkan, ”kata Brown. “Seluruh cerita telah direncanakan untuk sementara waktu, dan kemudian kami hanya menyempurnakan semua ketukan. Jadi kami memiliki pandangan tingkat tinggi dari semua musik yang kami perlukan.” Ada beberapa diskusi untuk menjadi lebih besar dan memiliki orkestrasi untuk beberapa trek, tetapi diputuskan untuk menjaga hal-hal retro dan konsisten dengan tujuan kemunduran permainan.

Boulanger juga dibintangi oleh Mitsuda dan keterlibatannya dan menggambarkan interaksi awal di mana dia bertanya kepada tim melalui penerjemah apakah mereka ingin dia menyalurkan gaya komposisinya dari Chrono Trigger. “Ini adalah satu kali dalam karir ini kami harus menjawab e-mail hanya dengan, ‘Ya!’,” kata Boulanger.

Kami memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Mitsuda melalui email tentang membuat musik untuk Sea of ​​​​Stars. Anda dapat menemukan diskusi di bawah ini.

Informer Game: Dalam video baru-baru ini, Anda membagikan detail tentang keterlibatan Anda dengan Sea of ​​​​Stars dan mengatakan bahwa musik tersebut khusus untuk suara Super Nintendo. Apa artinya itu, dan bagaimana cara kerjanya?

Yasunori Mitsuda: Pada Super Nintendo Entertainment System (SNES), sampel nada dikonfigurasikan dalam memori terbatas sistem dan diputar ulang dalam polifoni 8 suara. Selain itu, meskipun sangat murah menurut standar saat ini, efek “gema” juga dapat dianggap sebagai ciri khas suara gaya SNES. Sambil tetap merasakan nuansa waktu itu tetapi juga menggunakan teknologi modern, saya mencoba membuat musik untuk Sea of ​​​​Stars seolah-olah berasal dari SNES yang sedikit ditingkatkan. Biasanya, audio synthesizer dapat digunakan apa adanya, tetapi kali ini saya sengaja mengubah sampel audio menjadi 32 kHz dan menerapkan efek dengan pengaturan yang sama dengan “gema” SNES. Suaranya lebih indah dari sebelumnya, tapi saya pikir entah bagaimana Anda akan bisa merasakan perasaan SNES itu.

Apakah Anda ingin mengunjungi kembali akar musik Super Nintendo Anda?

Rasanya sangat nostalgia. Saya bekerja sambil memikirkan bagaimana saya bersusah payah di masa lalu untuk menggunakan teknik semacam ini, yang tidak lagi diperlukan saat ini. Kegembiraan menyatukan musik satu suara pada satu waktu adalah salah satu hal yang biasanya hanya dialami dengan konsol game saat itu.

Bagaimana Anda secara pribadi menggambarkan Lautan Bintang?

Itu pertanyaan yang sulit. Jika saya menggambarkan permainan dalam satu kata, saya pikir saya akan memilih “fantasi”. Ada nostalgia seni piksel dan elemen lainnya, tetapi untuk game ini saya akan memilih “fantasi”.

Bagaimana proses langkah demi langkah untuk membuat komposisi Yasunori Mitsuda? Di mana Anda memulai, dan apa langkah terakhirnya?

Sejak dulu, proses komposisi saya tidak berubah sama sekali. Saya mencoba untuk sepenuhnya memahami dunia dan atmosfer game, membaca ulang skenario berkali-kali, dan membayangkan jenis musik yang dibutuhkannya. Bila perlu, saya membuat bagan hubungan karakter. Saat melakukannya, musik yang diminta game mulai muncul secara alami di benak Anda.

Untuk penyelaman yang lebih dalam di soundtrack Sea of ​​​​Stars, pergilah ke sini. for Sea of ​​Stars akan hadir di PlayStation 5, Xbox Series X/S, PlayStation 4, Xbox One, Switc, dan PC pada tanggal 29 Agustus. Untuk informasi lebih lanjut tentang game ini, Anda dapat melihat edisi terbaru majalah Game Informer .